5 Hal Seputar Peristiwa 1965 yang Sungkan Kamu Tanyakan

Lebih dari dua dekade telah berlalu, namun, masih banyak dari kita yang melihat Peristiwa 1965 terbatas pada peristiwa pembunuhan yang dilakukan oleh suatu kubu dengan tujuan mengambil alih negara. Mungkin kita sejak duduk di bangku sekolah pernah mendengar “Gerwani,” “Komunis,” “Ateis” sebagai kata kunci yang melekat dalam pikiran kita ketika mempelajari sejarah Peristiwa 1965. Meskipun demikian, kita tidak benar-benar memahami itu semua. Hal ini merupakan implikasi dari penerimaan sejarah dalam kurikulum formal yang disampaikan secara tidak holistik. Tentunya, jika dibiarkan, akan menjadi tidak adil bagi mereka yang terdampak dari peristiwa kelam dalam sejarah Indonesia dan juga bagi kita, yang memiliki tanggung jawab untuk terus memajukan bangsa dengan ilmu yang kita punya. Untuk itu, menjadi krusial mempelajari sejarah bangsa secara menyeluruh, agar peristiwa kelam ini tidak terulang lagi.

Tulisan ini memberikan penjelasan tentang lima hal yang sungkan kita tanyakan seputar 1965 beserta rekomendasi untuk menggali informasi  tentang sejarah yang bisa kamu akses. Simak tulisan lengkapnya pada link berikut.

Artikel ini pertama kali tayang di Magdalene pada 01 Oktober 2015 dengan judul “5 Hal Seputar Peristiwa 1965 yang Sungkan Kamu Tanyakan” yang ditulis oleh Intan Febriani (Magdalene). Untuk membaca lebih lanjut, sila klik: https://magdalene.co/story/5-hal-seputar-peristiwa-1965-yang-sungkan-kamu-tanyakan

%d bloggers like this: