Ketika Rumah Susi Susanti Nyaris Dibakar

Susi Susanti merupakan sosok penting dalam sejarah badminton Indonesia. Torehan prestasi yang ia raih selama berkarir menjadikannya pebulutangkis perempuan pemegang rekor kemenangan beruntun terpanjang. Di balik perjalanan kisah sukses-nya mengharumkan nama Indonesia, ternyata Susi Susanti pernah mengalami diskriminasi oleh negeri sendiri. 

Pada Mei 1998, Susi tengah berjuang atas nama Indonesia pada ajang Uber Cup 1998 di Hong Kong. Mirisnya, keluarga Susi yang merupakan keturunan Tionghoa di Indonesia malah menjadi sasaran gerombolan massa kerusuhan. Rumah keluarga Susi bahkan nyaris dibakar oleh orang-orang tak dikenal. 

Tulisan ini berkisah pengalaman yang dialami Susi Susanti dan atlet bulutangkis Indonesia lainnya pada saat peristiwa 1998. Simak lebih lengkap cerita ini pada link berikut:

Artikel ini pertama kali tayang di Historia pada 23 Juni 2014 dengan judul “Ketika Rumah Susi Susanti Nyaris Dibakar” yang ditulis oleh Randy Wirayudha (Historia.id). Untuk membaca lebih lanjut, sila klik: https://historia.id/olahraga/articles/ketika-rumah-susi-susanti-nyaris-dibakar-vxJrr/page/1

%d bloggers like this: